14/03/2008

Dia Maha Ada

Alhamdulillah. Allah adalah Tuhan yang kepada-Nya kita kembalikan segala urusan kita. Yang kepada-Nya hati kita menjadi condong dan berusaha untuk bersama-Nya. Yang kepada-Nya kita habiskan harta dan masa yang kita miliki agar semakin dekat dengan-Nya. Yang mana kita merasa bergantung dan tidak kuasa hidup tanpa-Nya. Dia Allah, Tuhan kita.

Dia maujud. Dia ada bukan karena suatu ciptaan. Dia ada bukan karena ada di angan2 manusia. Dia ada bukan karena ada yang mengadakan. Dia tidak muncul dari ketiadaan. Dia ada dengan sendirinya. Dia ada sebelum ada yang disebut segala sesuatu. Dia ada meskipun orang2 tidak dapat menjangkau keberadaan-Nya. Bahkan Dia tetap ada walaupun manusia menolak untuk mengakui keberadaan-Nya.

Dia ada bersama dengan segala sesuatu, namun tidak dengan suatu kesertaan. Dia ada pada segala sesuatu, namun Dia tidak bergantung kepadanya. Dia ada dalam setiap suasana dan keadaan, namun tidak terpengaruh ataupun terkesan dengan apa saja yang telah dibuat-Nya sendiri. Bukan pula Dia lain dari segala sesuatu disebabkan keterpisahan darinya. Dia adalah pelaku, namun tanpa gerakan dan tanpa menggunakan suatu alat apapun.

Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah. Dan kita bersaksi bahwa, memang benar, tidak ada tuhan selain Allah. Dan kita menyaksikan-Nya pada batas nalar kita yang paling tinggi. Kita menyaksikan keberadaan Allah dari dan pada apa saja yang dapat menyatakan-Nya demikian. Cukuplah keterbatasan akal-fikiran kita menjadi saksi bagi akan adanya Dia yang maha ghaib, yang maha tersembunyi.

Dia juga maha melihat, bahkan sebelum adanya suatu apapun untuk dapat dilihat. Dia tidak melihat sebagaimana kita melihat sesuatu, karena Dia tidak memerlukan suatu media apapun untuk melihat. Dia maha melihat meskipun kita selalu gagal untuk membayangkan bagaimana penglihatan-Nya. Sungguh, Dia tidak serupa dengan makhluk2-Nya.

Dia sendiri, disebabkan tidak adanya sesuatu yang dengannya Dia merasa terikat ataupun gelisah bila terpisah darinya. Dia berdiri sendiri, disebabkan tidak adanya sesuatu yang Dia merasa perlu atau bergantung kepadanya. Dia maha suci dari segala sifat yang dimiliki setiap makhluk-Nya. Sungguh, tidak ada tuhan kecuali Allah.

Subhanallah. 

Tidak ada komentar:

Doa Jodoh

Alhamdulillah. Nabi Musa (as) berdoa, "Robbi innii limaa anzalta ilayya min khairin faqier." Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhny...